Belalang Goreng Khas GunungKidul Yogyakarta

Nikmatnya Belalang Goreng Khas Gunung Kidul, berburu suatu kuliner yang khas daerah-daerah yang dikunjungi tentu menjadi suatu hal yang sangat wajib bukan?… Yah, apalagi kalau ke Jogja banyak kuliner yang musti di cobain ya seperti

Nikmatnya Belalang Goreng Khas Gunung Kidul, berburu suatu kuliner yang khas daerah-daerah yang dikunjungi tentu menjadi suatu hal yang sangat wajib bukan?… Yah, apalagi kalau ke Jogja banyak kuliner yang musti di cobain ya seperti kuliner Gudeg, Bakpia Pathok, Geplak dan yang gak boleh ketinggalan adalah kuliner yang satu ini Walang Goreng / Belalang Goreng.

Belalang Goreng ini merupakan salah satu kuliner khas Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan yang unik dan tak biasa dijumpai di banyak daerah ini sangat dicari dan diburu para wisatawan yang singgah di Jogja. Banyak wisatawan yang penasaran akan rasa belalang goreng yang banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan ataupun di toko oleh-oleh.

Belalang yang diolah pun bukan sembarang belalang loh ya, yang kita tau mungkin banyak jenis belalang ya yang hidup di alam. Belalang ini adalah jenis belalalng kayu yang biasa kita jumpai di pohon atau dahan kayu jati di Gunung Kidul. Makanan yang kaya dan tinggi protein ini sangat lezat dan gurih, tak jarang orang menyamakan dengan kelezatan udang goreng.

Walang yang dalam bahasa Indonesia berarti belalang, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Gunung Kidul. Belalang yang merupakan hama bagi tanaman, dan salah satu penyebab dari gagal panennya para petani, ternyata hewan yang kaya akan protein.

Terlebih lagi, kandungan gizi yang terdapat dalam belalang ternyata tidak kalah dibandingkan dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi. Menurut sebagian besar orang yang sudah pernah merasakan belalang goreng, rasa belalang ternyata hampir mirip dengan rasa udang.

Siapa sangka awalnya belalalng goreng ini merupakan salah satu lauk makan masyarakat Gunung Kidul, rasanya yang gurih-gurih manis ini sangat cocok dikonsumsi dengan nasi hangat dan juga sambal loh. Istimewanya lagi semua bagian pada Belalang goreng ini ternyata dapat dikonsumsi loh mulai dari kepala hingga kaki. Namun hati-hati bagi yang memiliki alergi gatal, mengkonsumsi ini bikin kambuh loh dikarenakan kandungan proteinya sangatlah tinggi. Tertarik untuk mencicipi Nikmatnya Belalang Goreng Khas Gunung Kidul ini??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat